Selasa, Agustus 16, 2016

Pengalaman Mencoba Beras Ramos

Beras Ramos Indomaret

Mencoba Beras Baru

Mengenai Beras Ramos (IR-64)

Beras Ramos adalah beras yang paling banyak beredar di pasaran, terutama di perkotaan. Beras Ramos ini bentuknya lonjong dan tidak berbau. Jika kita menemukan beras lonjong namun wangi maka bisa kemungkinan besar produsennya menambahkan zat kimia pewangi. Jadi sebaiknya hindari jika menemukan beras yang lonjong dan wangi.

Beras Ramos ini juga menghasilkan nasi yang pulen. Tapi jika berasnya berusia tua, lebih dari 3 bulan, biasanya nasi yang dihasilkan akan pera dan mudah basi. Nah jadi beras yang berumur lebih dari 3 bulan cocok untuk nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning dan lontong. Kalau belum berumur 3 bulan lebih cocok untuk teman makanan tanpa kuah seperti sate, ayam/ikan/iga bakar dan ayam/ikan goreng.

Berawal dari Pandan Wangi

Bulan lalu aku dan suami membeli beras pandan wangi private label Indomaret 10kg seharga Rp 130.000. Namun ternyata penuh dengan kutu. Mungkin karena kelamaan distok, dan juga karena karungnya yang tidak kedap, tutup atasnya hanya berupa jahitan saja.
Setelah sekian lama berburu kutu beras setiap kali hendak menanak nasi, akhirnya habis beras pandan wanginya. Saatnya mencoba beras baru.

Berganti ke Beras Ramos

Setelah beberapa kali menyaksikan larisnya beras Ramos (IR64) di Indomaret, tergelitiklah kami untuk mencoba beras tersebut. Akhirnya kami belilah beras Ramos private label Indomaret 5kg seharga Rp 60.500. Gambar kemasan seperti gambar di atas.

Hasil Percobaan

Penampilan fisik beras Ramos ini cukup pipih dan panjang, tidak bulat. Tidak berbau. Dicoba ditanak cukup pulen dan enak. Cocok untuk selera kami sekeluarga. Untuk harga juga lebih bersahabat dibandingkan pandan wangi. Bakal langganan beli beras Ramos nih.

8 komentar:

  1. Mampir ke sini gara-gara barusan beli beras ramos. Pas di masak agak berair gitu. Padahal takaran air sama--bahkan kurang dari yang biasanya saya pakai ketika memasak dengan beras pandan wangi yaitu satu setengah ruas jari telunjuk. Kalau dari tanggal expirednya sih masih tahun depan. Berasnya memang begitu ya mbak kalau di masak? Saya pribadi lebih suka beras yang kayak pandan wangi. Tadi pas mau beli berasnya lagi kosong dan yg tersedia cuman ramos. Hehehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya takaran air beras ramos dan pandan wangi sama sih, normal2 aja. Saya memang lebih suka pulen.

      Hapus
  2. Saya pake beras ramos juga,enak banget memuaskan.. Kalo masalah air ya itu tergantung takaran nya, bukan berasnya..

    BalasHapus
  3. Prnh dbliin ma adek ktnya mumpung promo bgs seh bntuknya utuh tp wkt dmsk bau apek nasinya pera mungkin stok lm mngknya dibkn promo hehe..akhirny stlh itu cara msk aku cmpur ma brs beli di ttgga hsl panen sndiri jd kemkn deh...dn smp skrg aku trauma ama bers ramos btuk oke tp rasa krg..skrg klw beli yg cap lumbung padi klw gk ada bl ma ttgga yg pd panen๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
  4. Saya baru pertama kali beli beras kemasan ( ramos diindomart ),agak was-was juga karna pas dicuci airnya bening gak seperti air cucian beras yang dari pabrik giling padi

    BalasHapus
  5. Knp beras ramos'a kalau setelah dicuci didiamkan berubah warna agk keunggu2an yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau jg, soalnya saya gak pernah didiamkan sehabis dicuci.

      Hapus